Rabu, 07 Januari 2009

Perawatan sistem pendingin

Perawatan System Pendingin

  1. Cek ketegangan Tali Kipas

Tegangan tali kipas udara diatur dengan cara sebagai berikut, pertama2 kendorkan baut pengikat dan sekerup pengatur tegangan tali kipas yang terdapat pada generator,dengan mempergunakan kayu gerakkanlah generator menjauhi blok mesin,sementara itu aturlah tegangan tali kipas. Pada saat itu hendaknya tali kipas dapat melendut antara 5-10 mm,sesudah itu kencangi sekrup pengatur dan baut-baut pengikatnya.

Akibat apabila Tali Kipas terlalu kendor :

  • Turunnya putaran generator menyebabkan berkurangnya arus listrik yang mengalir ke baterai.

  • Sirkulasi air pendingin kurang sempurna, sehingga mengganggu proses pendinginan yang sedang berlangsung.

  • Oleh karena (pada umumnya) pompa dan kipas udara digerakan oleh puli yang sama, maka tali kipas udara yang kendor akan mengakibatkan kapasitas udara pendingin yang mengalir melalui radiator menjadi berkurang. Dengan demikian, pendinginan air di dalam radiator tidak dapat berlangsung dengan baik.


  1. Cek Air Radiator

Menambah air saat mesin panas. Pada kondisi darurat, dengan kondisi mesin panas, kita dapat memeriksa dan menambah air radiator dengan cara berikut, ini:

  • Biarkan mesin dalam keadaan hidup

  • Buka tutup mesin

  • Ambil kain atau lap dan basahkan dengan air, kemudian putar tutup radiator perlahan-lahan hingga udara panas dalam radiator mengalir keluar.

  • Biarkan air keluar dari tekanan radiator keluar hingga terhenti.

  • Buka tutup radiator

  • Tambahkan air kedalam radiator sampai penuh

  • Injak pedal gas

  • Tambahkan air kembali kedalam radiator

  • Tutupkan kembali tutup radiator

Akibat apabila Radiator kekurangan air:

  • Mesin akan mudah panas

  • Akan terjadi over heating,dll


  1. Cek kebersihan Thermostat

  • Lepaskan baut-baut pengikat dari pipa air pendingin ke luar dari blok mesin

  • Keluarkan Thermostat dari rumahnya

  • Celupkan Thermostat kedalam bak berisi air dan panaskan air tersebut

  • Apabila temperature air mencapai 60°C,katub Termostat akan mulai membuka

  • Apabila temperature air mencapai 80°C katup tersebut akan terbuka penuh

  • Apabila Termostat tidak pernah dapat terbuka, maka Termostat sudah rusak.

Akibat apabila Termostat rusak:

Air dalam mesin tidak dapat sirkulasi sehingga akan terjadi over heating

  1. Cek kebersihan Inti Radiator

Apabila aliran udara pendingin tersumbat,bersihkan kotoran-kotoran tersebut dengan menggunakan udara yang bertekanan tinggi.

Akibat apabila Inti Radiator tersumbat:

Saluran udara pendingin akan tersumbat sehingga pendinginan tidak akan bekerja dengan baik.

  1. Cek kebocoran Water Pump

Periksa apakah terdapat kebocoran melalui poros pompa,karena poros pompa longgar/terlepas dari bantalan. Jika demikian, sebaiknya pompa air dilepas untuk diperiksa / diperbaiki.



Akibat apabila Water Pump bocor:

Water pump tidak dapat menekan / menghisap air pendingin sehingga pendinginan akan berhenti dan akan terjadi over heating.

  1. Periksa Tutup Radiator

Dalam pemerikasaan tutup radiator dapat memakai alat pengetes sederhana yang terdiri dari sebuah pompa tangan yang dilengkap alat pengukur tekanan, guna menguji berapa batas tekanan yang dibebaskan oleh tutup tersebut. Yaitu:

  • Pasangkan alat uji kap radiator (Radiator Cup Tester)

  • Beri tekanan,Tekanan pada suhu standart = 1,2 kg/cm²

  • Periksa kekuatan tekanan dan kerja dari katup pembebas volum, Tekanan standart 0.75 – 1.05 kg/cm².


Akibat apabila Tutup Radiator rusak:

Apabila air pendingin terlalu panas sehingga air tersebut akan menghasilkan tekanan uap dan uap tersebut tiddak dapat diredam dikarenakan radiator cup rusak sehingga akan terjadi ledakan dan dapat merusak system pendingin.


  1. Periksa Selang Radiator

Periksa semua selang radiator dang anti sekiranya kurang baik / rusak


Akibat apabila Selang Radiator bocor:

Apabila selang terdapat kebocoran,maka radiator akan selalu kekurangan air yang akan mengakibatkan over heating.



Sebab –Sebab Utama Dari Kerusakan System Sendingin

  1. Kekurangan air

  2. Pipa radiator buntu

  3. Pipa(karet) radiator kempis

  4. Terdapat kotoran pada sirip2 radiator

  5. Thermostat rusak

  6. Water pumb rusak

  7. Terdapat kotoran – kotoran pada sirip radiator

  8. Knalpot buntu atau tersumbat.

  9. dan lain – lain


1 komentar:

  1. Titanium Max trimmer - The Technomagore's Edge and the
    I'm a little titanium rod in leg curious about trekz titanium headphones my tips. 2018 ford fusion energi titanium I'm going to use this titanium wedding bands in my next titanium bikes for sale piece, because I'm trying to build a high-quality graphite.

    BalasHapus